Beranda > Beranda > Garang Asem

Garang Asem


Masakan tradisional@resep kuliner

Setelah kemaren memasak eh … membahas tentang ” Balung Buto”, saya ingin mengajak sobat blogger untuk mencicipi masakan tradisional ” Garang Asem “. Masakan berbahan dasar daging ayam ini cocok untuk hidangan menu siang hari. Dinikmati saat masih panas, dengan nasi hangat pula hmm … membuat lidah lincah bergoyang. Silakan mencoba dengan resep berikut ini :

RESEP GARANG ASEM

Β Bahan – bahan:

  1. 1 ekor ayam, potong 8 bgaian
  2. 500 ml santan kental dari 1 butir kelapa
  3. Garam secukupnya
  4. Daun pisang secukupnya

Bumbu – bumbu:

  1. 7 butir bawang merah, iris tipis
  2. 5 siung bawang putih, iris tipis
  3. 5 buah cabai merah, iris serong
  4. 5 buah cabai hijau, iris serong
  5. 10 buah cabai rawit
  6. 7 buah tomat, potong-potong
  7. 2 ruas jari kunyit, iris tipis
  8. 5 lembar daun salam
  9. 3 ruas jari lengkuas, iris tipis
  10. 15 buah belimbing sayur, iris 1 cm

Cara memasak:

  1. Campur ayam, bumbu-bumbu, garam, santan. Aduk rata
  2. Ambil selembar daun pisang, masukkan beserta bumbu. Bungkus bentuk tum, kukus 1 jam hingga matang.
  3. Angkat, sajikan.

Untuk menemani santap ini bisa dengan krupuk udang atau krupuk Bandung. Mengapa saya mengusulkan untuk ditemani kerupuk?

Krupuk selain membantu kita mengunyah makanan menjadi lebih lembut, juga bermanfaat sebagai peredam rasa pedas, baik di mulut maupun di alat pencernaan kita. Jadi bermanfaat juga ya,Β  krupuk … πŸ™‚

Silakan menikmati

Iklan
  1. Lockjaw Theory
    17 April 2011 pukul 18:00

    dari jauh kok kayak kue ya.. πŸ˜•

    • 17 April 2011 pukul 19:27

      Mask si πŸ™‚ mungkin kameranya yang ga akurat ya …

  2. 17 April 2011 pukul 18:17

    hmmm…… perlu dicoba nih….

    • 17 April 2011 pukul 19:31

      Silakan mencoba mas, dijamin ketagihan πŸ™‚

  3. 17 April 2011 pukul 19:09

    setiap balik ke solo,
    selalu disajikan garang asem
    kesukaan isteriku, katanya…
    wadhuh, saya lebih suka nasi padang
    gimana nih…

    sedj

  4. 17 April 2011 pukul 19:34

    Ya, nasi padang … rendang, emang nendang rasanya πŸ™‚

  5. 18 April 2011 pukul 06:02

    kayaknya perlu dipraktekkan nih Pak..

    • 18 April 2011 pukul 18:32

      Harus tuh …, kasih kabar ya setelah jadi masakannya πŸ™‚

  6. Anugrha13
    18 April 2011 pukul 07:57

    hmmm maknyus deh keknya…slurrrrupppp

  7. 18 April 2011 pukul 08:51

    boleh di coba nih…

    terimakasih sdh berbagi tips. πŸ™‚

  8. 18 April 2011 pukul 09:29

    waduuh, saya jadi ngilerrr. sepertinya mak nyuzz banget nih.
    Sepertinya kalau ditambahkan dengan kunyit, masakan ini juga mirip ‘lempah kuning’ Bangka, ya…

  9. 18 April 2011 pukul 09:59

    Wah,wah,wah…. ini tentu lezat sangat seperti yang ada di derah kami, Kudus, ada warung khusus garang asem. Tapi, pedasnya itu lo yang tidak membuat saya nyaman menikmati.

    Salam kenal juga dan salam kekerabatan.

    • 18 April 2011 pukul 18:42

      Temenin krupuk dong πŸ™‚ biar berkurang pedasnya …

      Terima kasih atas kunjungan baliknya …

  10. 18 April 2011 pukul 11:38

    wah wah wah
    enyak enyak enyak πŸ˜€

    • 18 April 2011 pukul 18:44

      Bener kan … , juragan Mie Janda juga bilang enak πŸ™‚

  11. Agung Rangga
    18 April 2011 pukul 18:32

    wah, makanan favoritku nih… πŸ™‚
    cuman, kalau saya masaknya tanpa belimbing sayur, gak doyan sih… πŸ˜†

    • 18 April 2011 pukul 22:06

      Ga’ dikasih belimbing juga masih mak nyuus …, kok πŸ™‚

  12. 18 April 2011 pukul 22:15

    dirumah, sering banget nih bikin garang asem, tapi berkuah.. kok yg ini enggak ya?
    *kayaknya saya yg salah denger namanya deh*

    • 19 April 2011 pukul 01:55

      Namanya udah bener Mas, yang disini memang kuahnya kurang banyak πŸ™‚

  13. 19 April 2011 pukul 08:26

    hmmmm…. mantab gan masakannya,
    perlu dicicipi nich πŸ˜€

    • 19 April 2011 pukul 08:40

      Silakan gan, pakai krupuk ya … biar ga kepedesan πŸ™‚

  14. Agung Rangga
    19 April 2011 pukul 10:46

    Oh iya…
    Tukeran link ya kak… πŸ˜€
    Link blog kakak udah dipasang di blogku… πŸ™‚
    Terima kasih…

    • 19 April 2011 pukul 21:11

      Ya boleh, link anda sudah saya pasang … πŸ™‚

  15. 19 April 2011 pukul 11:06

    Kang…. sampeyan kok berubah profesi jadi koki saiki????

    • 19 April 2011 pukul 21:16

      Hobi wae kok Kang…., bene ra lali masakan tradisional πŸ™‚

  16. 20 April 2011 pukul 15:36

    kayaknya enak nih…

  17. 22 April 2011 pukul 11:11

    Jiah…,siang2 gini jatah maksi belum dateng2. malah disurh nyimak yang ginian, bikin gak sabar za nih…, πŸ˜‰

  18. 22 April 2011 pukul 20:15

    Biar tambah nafsu makannya … πŸ™‚

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: