Beranda > seni budaya > Semar Mendem yang Tidak Bikin Mendem

Semar Mendem yang Tidak Bikin Mendem


Makanan berbahan dasar ketan@jajanan tradisional

Judul posting di atas sangat bernuansa wayang, namun kali ini saya tidak mengajak anda untuk berkisah tentang wayang melainkan tentang jajanan tradisional. Berbicara tentang jajanan tradisional yang saat ini sudah jarang dikenal, apa lagi bagi para kawula muda, jajanan itu adalah semar mendem K

Jajanan khas Solo ini sekarang kalah dengan segala jenis snack berbahan dasar terigu atau Bread. Kawula muda lebih suka makanan yang berbau Barat misalnya Hamburger, Hot Dog atau makanan Italy Pizza, mungkin makanan tersebut dipandang lebih bergengsi daripada jenis makanan tradisional L.

Semar mendem mendengar namanya saja seakan sudah bikin mendem, namun dijamin ketagihan jika sudah mencicipinya J.

Semar mendem termasuk jajanan khas keleman (jenis jajanan yang cara memasaknya dengan dikukus, tidak digoreng/bakar). Memang apa keistimewaan semar mendem? K

Berikut penjelasan secara singkat mengenai bahan pembuatan, cara memasak, dan cara menghidangkannya. Jiah bergaya master kuliner ya JJajanan tradisional Semar mendem

Semar Mendem memiliki bahan yang sama dengan Lemper Ayam, bedanya adalah jika Lemper Ayam dibungkus daun pisang, Semar Mendem dibungkus dengan selembar dadar telur tipis.

Resep Bahan Semar Mendem :

  • 500 gram beras ketan putih, rendam 2 jam, tiriskan
  • 250 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 1 sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan, buat simpul

Resep Bahan Isi Semar Mendem :

  • 1/2 ekor atau 1 kg ayam giling, rebus lunak, angkat, tiriskan
  • 1 lembar daun salam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 200 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Resep Bumbu Semar Mendem (dihaluskan) :

  • 1 sendok teh ketumbar
  • 3 buah bawang putih
  • 6 buah bawang merah
  • 2 butir kemiri, sangrai
  • 1/2 sendok teh asam
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2-3 sendok teh gula merah

Resep Bahan Dadar Telur Semar Mendem :

  • 4 butir telur
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 8-10 sendok makan air
  • 1/4 sendok teh garam

Resep Bahan areh/kuah Semar Mendem :

– Tepung beras 1 ons

– 2 gelas Santan kental

– Gula

– Garam

– Daun pandan/vanili

Cara Membuat Semar Mendem :

  1. Isi :Tumis bumbu halus sampai harum, tuangi santan, masukkan semua bahan isi, masak dengan api kecil sampai kering. Angkat, dinginkan.
  2. Kukus ketan dengan daun pandan sampai setengah matang, keluarkan, pindahkan ke panci. Tuangkan santan, beri garam, jerang di atas api kecil sampai santan terisap habis oleh ketan sambil sesekali diaduk. Kukus kembali sampai matang.
  3. Dadar telur : Aduk rata adonan, dadar tipis-tipis kurang lebih 15 lembar.
  4. Selagi panas, ratakan ketan dalam loyang datar setebal 1 cm, potong 6×8 cm. Ambil dan pipihkan sepotong ketan. Beri 1 sendok makan isi, rapatkan dan bentuk sehingga mendapatkan lemper bergaris tengah 4 cm, panjang 6cm. Bungkus dengan dadar telur.
  5. areh/kuah : campur resep kuah menjadi adonan, panaskan dengan terus diaduk hingga mengental.

Cara Menghidangkan :

–          Letakkan ketan yang telah dibungkus dadar di piring kecil

–          Belah menjadi 4 bagian

–          Tuangkan areh/kuah di atasnya

–          Siapkan garpu kecil untuk menyantap

Selamat mencoba

Gambar dan referensi resep diperoleh dari InfoResep.com

Iklan
  1. 9 Maret 2011 pukul 01:51

    wow… keren, pak, ternyata bapak tidak hanya peduli pada persoalan seni dan budaya, tetapi juga tentang kuliner. jadi kangen dengan jenis2 makanan tradisional seperti ini, pak.

    • 9 Maret 2011 pukul 06:59

      Ya pak, makanan tradisional memang sering bikin kangen … 🙂

  2. 9 Maret 2011 pukul 06:03

    wah makanannya kelihatannya enak… 😀

  3. 9 Maret 2011 pukul 06:06

    alo pak sawali. resepnya yang satu ini jadi membuat saya ngiler. 😀

  4. 9 Maret 2011 pukul 06:06

    nyoba semar mendem ahhh…
    thanks pak sawali 🙂

    • 9 Maret 2011 pukul 22:10

      @ Jual Gula Merah dan Tips dan Trik dunia IT : ini gubuk saya mas, dikira PakSawali Ya 🙂

  5. 10 Maret 2011 pukul 04:28

    he h ehe, jadi pengen lekas sarapan pagi, …..

  6. 10 Maret 2011 pukul 05:54

    Silakan mas, dijamin …mak nyuss 🙂

  7. 10 Maret 2011 pukul 06:20

    ini yang bikin pertama kali siapa? semar mendem sudah dimasukkan hak cipta belum ya?

    • 10 Maret 2011 pukul 09:50

      Ya bener, harus dipatenkan sebelum diakui orang … 🙂

  8. 10 Maret 2011 pukul 09:15

    Kali ini bereda
    tapi tetap bisa
    keren keren
    mau donk 🙂

    • 10 Maret 2011 pukul 09:52

      He .. he , sayang jajanan ini ga tahan lama mas, sebenernya mau saya paketkan ke mas achoey … 🙂

  9. 11 Maret 2011 pukul 01:19

    Kang kira-kira jika akau konsumsi semar mendem tiapa hari apa bisa digandrungi cewek-cewek nih hehe.

    kok seperti ajian ya nama makanannya

    • 11 Maret 2011 pukul 08:25

      Saya jamin digandrungi kang, dengan syarat setiap cewek dibawakan juga 🙂

      Kalau ajian namanya Semar mesem 😐

      • 11 Maret 2011 pukul 20:21

        oh yo ding.. semar mesem.. wah jangan-jangan samapean punya yo Kang hehe

  10. 11 Maret 2011 pukul 13:28

    semarnya lagi mendem
    gakpapa deh…
    sing penting ora mendem wedokan
    hehehe…/.

    sedj

    • 11 Maret 2011 pukul 18:00

      Iya pren, kalo mendem wedokan bisa berabe … 🙂

  11. 12 Maret 2011 pukul 09:21

    wahhh di jamu maem sama pak dalang, hehehe capa takut, boleh juga, ayo kita maemmm ..

    🙂

    • 13 Maret 2011 pukul 02:30

      Silakan dicicipi ya, tar tambah lagi … 🙂

  12. 13 Maret 2011 pukul 08:14

    Untung za aku abis sarapan, jadi ya gak begitu ngiler deh. 😆

    • 14 Maret 2011 pukul 04:49

      Ya, entar sarapan ke dua, semar mendem mas 🙂

  13. 13 Maret 2011 pukul 13:42

    waaaaaaahhhh menone pernah nich mam makanan yg satu ini hehehehehehehe,,,,,,,, enaaakkkkkk

    salam persahabatan dr MENONE

    • 14 Maret 2011 pukul 04:53

      ya, yang tradisional memang ga kalah enak dengan yang moderen kan …

  14. 14 Maret 2011 pukul 11:28

    ena tenan tuch makanan :p

  15. Arif Bayu
    15 Maret 2011 pukul 12:12

    wah lihat photonya aja saya ngiler mas…. rasnya kayak gimana yo….. semar mendhem…..lucu namanya

    • 15 Maret 2011 pukul 18:24

      Enak sungguh mas, cobain aja biar ga ngoler 🙂

  16. 15 Maret 2011 pukul 14:09

    waaah pengiiin.. semar mendem.. hmmm

  17. 15 Maret 2011 pukul 19:13

    Silakan di cicipin, atau dicoba resepnya 🙂

  18. joe
    15 Maret 2011 pukul 22:41

    tapi kenapa ya dulu kok dinamakan semar mendem?

    • 15 Maret 2011 pukul 22:57

      Wah, perlu dilakukan penelusuran sejarah, nih …

  19. 16 Maret 2011 pukul 00:25

    Kang.. masih tetep mendem gara-gara panganan tah..??

    • 16 Maret 2011 pukul 01:06

      Iya kang, kemlekaren … gara2 semar mendem 🙂

  20. 16 Maret 2011 pukul 08:46

    wah ini jajanan tradisional ya 😀 saya belum pernah nyobain ini pak.. apa bener2 bisa bikin mendem ya 😀

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: