Beranda > seni budaya > Beragam Jenis Wayang Kulit

Beragam Jenis Wayang Kulit


Wayang@BudayaBangsa

Wayang kulit ternyata memiliki banyak jenis. Selain wayang Purwa terdapat beberapa jenis wayang kulit, antara lain wayang wahyu, wayang sadat, wayang gedhog, wayang kancil, dan wayang pancasila.  Diantara bermacam jenis wayang kulit tersebut tentu saja yang paling tua adalah wayang purwa. Sesuai dengan namanya purwa adalah bahasa Kawi yang berarti permulaan. Wayang purwa mengambil  ceritera dari kisah Ramayana dan Mahabarata, Wayang kulit purwa terdiri dari beberapa gaya atau gagrak, ada gagrak Kasunanan, Mangkunegaran, Ngayogjakarta, Banyumasan, Jawatimuran, Kedu, Cirebon, dan sebagainnya. Kalau bentuk atau corak wayang purwa mungkin sudah banyak yang tahu, tetapi untuk jenis-jenis yang lainnya belum mdikenal secara luas. Berikut contoh-contoh corak dari beberapa jenis wayang kulit tersebut.

Wayang Wahyu

Wayang Wahyu merupakan wayang sebagai wahana pendidikan agama, khususnya Agama Nasrani Kristen/Katolik. Mengambil cerita dari Kitab Injil khususnya Surat Wahyu.

Sumber gambar

ndonesianperformance.blogspot.com

Wayang Sadat

Wayang Sadat menceritakan tentang riwayat dan sejarah penyebaran Islam di Jawa pada masa akhir kerajaan Majapahit hingga awal kerajaan Mataram.

Sumber gambar

antarafoto.com

Wayang Gedhog

Diciptakan oleh Sunan Giri kira-kira tahun 1485 caka (1568 M). Wayang mirip dengan Wayang Kulit Purwa, tetapi mengambil lakon dari cerita-cerita Panji. Itulah sebabnya, sebagian orang menamakan Wayang Gedog ini Wayang Panji. Di antara tokoh-tokoh ceritanya, antara lain adalah Prabu Lembu Hamiluhur, Prabu Klana Madukusuma, dan Raden Gunungsari.

Sumber gambar

teguhsrahardjo.blogdetik.com

Wayang Kancil

Amat menarik karena wayang kulit ini diciptakan oleh seorang keturunan Cina bernama Bo Liem pada tahun 1925. Wayang ini menggunakan tokoh binatang, dibuat dan disungging oleh Lie To Hien. Cerita untuk lakon-lakon Wayang Kancil diambil dari Kitab Serat Kancil Kridamartana karangan Raden Panji Natarata.

Sumber gambar

museumwayang.com

Wayang Pancasila

Wayang ini dimaksudkan sebagai media penerangan mengenai sejarah perjuangan bangsa. Karena itu, di antara tokoh peraganya, antara lain terdapat Bung Karno, Bung Hatta, BungTomo, Syahrir, dan Jenderal Sudirman. Penggambaran tokoh Wayang Pancasila dibuat realistik.

Sumber gambar

suyuk.blogspot.com

Demikian sekelumit tentang beragam jenis wayang kulit. Semoga yang sedikit ini dapat menambah wawasan tentang budaya bangsa kita, khususnya mengenai wayang kulit.

Iklan
Kategori:seni budaya
  1. 28 Desember 2010 pukul 22:55

    Mantabs…. Benar2 pelestari budaya nih…! Salam hangat, pak!

    • 28 Desember 2010 pukul 23:06

      Terimakasih Pak Eko, Salam Hangat kembali 🙂

  2. 28 Desember 2010 pukul 23:17

    saya sekali, pak, sekarang ini berbagai jenis wayang seperti sudah hampir langka, kepaten obor. semoga wayang purwa terus lestari dan berkembang dinamis seiring dengan perkembangan masyarakatnya.

  3. 28 Desember 2010 pukul 23:34

    Ya, semoga … Wayang Purwa bisa eksis sepanjang masa. Tks

  4. 29 Desember 2010 pukul 01:13

    wah penasaran dengan yang baru eh malah saya nemu sesuatu yang baru nih disini.. matur nuwun pak…. jujur saya penasaran dengan Wayang kancil karena saya kan pencinta alam.. kapan-kapan bisa enggak pak dibahas lebih detail tentang wayang kancil, oh ya sekalian wayang Pancasila deh saya request hehehe

    sugeng dalu Pak

  5. 29 Desember 2010 pukul 01:31

    Terimakasih atas atensinya
    Boleh..boleh , kapan-kapan kita bahas 🙂

  6. 29 Desember 2010 pukul 10:26

    wow
    ada juga wayang pancasila
    keren
    🙂

  7. 30 Desember 2010 pukul 09:03

    terkesan pada jenis wayang pancasila
    ada juga ternyata, dipaksa banget, hehehe….
    unik sekali… salam sukses…

    sedj

  8. 8 Januari 2011 pukul 05:45

    cool

  9. 13 Januari 2011 pukul 05:50

    like me

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: